Skip to content

Kesempatan

August 1, 2006

Tuhan sudah menganugerahkan segala sesuatu yang kita perlukan untuk melakukan pekerjaan yang baik sesuai kehendak-Nya. Bahkan Dia sudah menetapkan suatu rencana yang indah bagi kita semua, suatu rencana yang membawa damai sejahtera dan penuh harapan. Dia berkata, bahwa Dia akan menyertai kita sampai kesudahan zaman dan memberikan kita seorang Penolong yang akan mengajar dan menghibur kita.

Kita semua dipanggil untuk menyelesaikan suatu tujuan spesifik yang telah Ia tetapkan bagi kita masing-masing. Namun, seringkali kita lebih memilih untuk mengeluh. Membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Merasa tidak puas dengan diri sendiri dan merasa tidak puas dengan apa yang sudah kita miliki. “Seandainya aku mempunyai uang yang banyak, tentunya aku bisa melakukan pekerjaan Tuhan lebih banyak. Seandainya aku bisa seperti orang itu. Seandainya aku mempunyai harta seperti dia, tentu aku bisa maju dan berpendidikan.” Bukankah ini perkataan yang terlontar dari mulut kita? Suatu perkataan yang melupakan pemberian Tuhan dan mengabaikan benih-benih yang Tuhan telah tanam dalam hidup kita. Hati kita dipenuhi dengan kekecewaan dan ketidakpuasan.

Kita semua memiliki suatu cita-cita atau pengharapan akan masa depan. Itu bagus sekali. Setiap kita berusaha menangkap panggilan spesifik yang Tuhan sediakan, itu bagus sekali. Tetapi tidak cukup sampai di sini. Kita perlu bergerak maju dan melakukan sesuatu. Tapi….mulai dari mana? Sepertinya apa yang aku miliki tidak mungkin mencapai cita-citaku. Rasanya sulit sekali. Kita mulai mengeluh di hadapan Tuhan dan kemalasan mulai menggerogoti kehidupan kita. Kemalasan juga yang akan melumpuhkan inisiatif kita. Tuhan mau agar kita memulai dari apa yang ada pada kita. Mulai dari segala sesuatu yang ada, yang telah Ia berikan kepada kita.

Jangan menunggu sampai keadaan berubah lebih baik atau sesuai dengan apa yang engkau inginkan. Mulailah dari yang ada padamu dan pergunakan sebaik mungkin. Engkau tidak mampu membeli buku, tetapi mempunyai akses ke perpustakaan. Bila engkau ingin maju, engkau tidak akan menunggu sampai mampu membeli buku, engkau akan bergerak dan meminjam buku-buku yang ingin kau baca dari perpustakaan itu. Engkau ingin memiliki skill yang baik dalam bidang tertentu (bahasa, teknologi, dsb), namun engkau tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli buku atau mengikuti kursus. Jangan menyerah, pergunakan apa yang ada padamu sambil terus berdoa agar Tuhan mencukupi semua keperluanmu. Belajar dari teman-teman yang lain, pinjam buku dari mereka, ikuti pameran-pameran yang sesuai minatmu, dan belajar untuk melihat-melihat peluang yang mungkin akan datang ke hadapanmu.

Hargai semua yang ada padamu dan pergunakan semaksimal mungkin. Apa yang kau lakukan sekarang akan mempengaruhi masa depanmu. Ingatlah selalu akan perkataan Yesus, Barang siapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barang siapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. Lukas 16:10 Dan Tuhan menambahkan, Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar.. Matius 25:21 Oleh karena itu, jangan menggerutu karena engkau tidak memiliki sesuatu yang engkau inginkan, untuk mencapai cita-citamu. Mulai dari yang kecil dan yang ada padamu. “Aku harus melakukan sesuatu,” ucapkan dalam hatimu. Dan mulailah dan bergeraklah. Iblis akan menggerutu melihat engkau tidak menyia-nyiakan waktumu. Iblis menjadi marah karena engkau mulai berlari dan menyelesaikan pekerjaan baik yang Tuhan telah tetapkan bagimu. Jangan turuti iblis sebab tujuan utama iblis dalam hidupmu adalah menghancurkan hidupmu dan masa depanmu. Turuti Tuhan dan lakukan perintah-perintah-Nya.

Orang yang paling berbahagia adalah orang yang senantiasa mengucap syukur. Orang yang sudah belajar untuk menggunakan apa yang ia punyai dan tidak kuatir tentang apa yang tidak ia punyai. Jangan terjebak dalam lingkaran penyesalan dan kekecewaan atas kegagalan yang kau temui. Sebab engkau tidak akan pernah memulai sesuatu. Siapa senantiasa memperhatikan angin tidak akan menabur, dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai. Pengkhotbah 11:4 Firman Tuhan berkata dengan jelas. Keluar dari lingkaran itu dan ambil keputusan yang tegas. “Aku akan bangkit dan memulainya lagi, sebab aku percaya Tuhan pasti menolongku. Kumpulkan kembali kepingan-kepingan imanmu yang telah jatuh berserakan dan lihatlah Tuhan melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam kehidupanmu. Luangkan waktumu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang ada padamu sebaik-baiknya, dengan pengertian bahwa semua yang kau lakukan itu adalah persiapan untuk tantangan di tahun-tahun berikutnya.

Bertumbuhlah dan Tuhan akan memberikan segala sesuatu yang kau perlukan untuk terus bertumbuh. Seperti pohon, Dia akan memberikanmu air dan makanan, Dia juga akan memangkas dan membersihkan dahan-dahanmu. Ingatlah dan taruh dalam hatimu, bahwa Tuhan mempunyai rencana yang indah dalam hidupmu. Tidak ada satupun yang dapat menghalangi Tuhan untuk memberkati anak-anak-Nya. Sebab perkara terbesar yang pernah ada sepanjang zaman, yaitu kematian-Nya di kayu salib sudah Dia selesaikan, apalagi perkara-perkara yang menyangkut kebutuhan kita, Dia pasti cukupi. Bersyukurlah dan berdoalah senantiasa, naikkan doamu dan permohonanmu dalam ucapan syukur dan jangan lupa, bertindaklah dalam iman. Sebab ada pepatah yang mengatakan, “Jangan berdoa agar kesempatan datang kepadamu, berdoalah agar engkau siap ketika kesempatan itu datang.” Dengan kata lain, kesempatan itu pasti datang bila kita tetap setia.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: